Tips Sukses Belajar Online Matematika di Masa Pandemi COVID-19




Tips Sukses Belajar Online Matematika di Masa Pandemi COVID-19

Dunia saat ini sedang dikejutkan dengan adanya wabah mematikan yaitu COVID-19 atau Virus Corona. Virus ini ini pertama kali diidentifikasi pada Desember 2019 di Wuhan , ibukota provinsi Hubei China, dan sejak itu menyebar secara global. Virus ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Virus corona  juga dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksinya dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia. Indonesia pun juga ikut terkena dampak dari pandemi COVID-19 ini. Pemerintah pun mengeluarkan segala kebijakan untuk menahan laju dari penyebaran virus corona.

Dalam bidang pendidikan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Banyak universitas dan sekolah menghentikan proses pembelajaran tatap muka sebagai upaya menahan laju penyebaran virus corona di Indonesia. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ini mengharuskan kesiapan bagi layanan pendidikan maupun dari peserta didik itu sendiri. Namun kebanyakan pelajar merasa bosan dalam menjalani metode pembelajaran jarak jauh karena mereka terlalu sering diberikan tugas oleh guru atau dosen mereka. Dalam metode ini juga banyak sekali kendala yang dialami pelajar seperti gadget dan akses internet mereka yang kurang memadai. Selama sebulan lebih, pelajar melaksanakan pembelajaran jarak jauh karena pandemi virus corona atau Covid-19. Lalu, bagaimana pembelajaran daring yang dilakukan siswa di rumah? Apakah bisa berjalan dengan baik dan secara maksimal? Berikut adalah tips sukses belajar online atau daring dalam di masa pandemi ini :

 

1.   Menejemen Waktu

Atur waktu belajar dengan teratur. Kerjakan dengan fokus tugas yang dibebankan guru atau dosen. Hal ini lebih mudah dijalani jika pihak sekolah atau universitas memberikan batasan jadwal akses daring kepada murid-muridnya.
Bagi orang-orang yang belum terbiasa belajar mandiri, biasanya akan mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah di menit-menit terakhir tenggat waktu yang ditetapkan. Oleh sebab itu, membiasakan diri untuk belajar dan mengerjakan tugas di awal waktu adalah keterampilan yang mesti ditanamkan kepada siswa yang melakukan
pembelajaran daring

 

2.   Tetap Fokus dan Serius

Selama melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring, terdapat banyak sekali gangguan yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, bermain game hingga membaca-baca konten berita seringkali dilakukan tanpa rencana sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi siswa untuk berusaha fokus dan konsisten selama waktu belajar yang ditetapkan. Hindari segala macam distraksi yang berpotensi mengganggu proses belajar.

3.   Mengulangi Materi

Tingkatkan kemampuan mengingat anda dan terapkapkan apa yang sudah dipelajari. Mengerjakan tugas saja kadang tidak cukup untuk memahami materi pembelajaran. Cara berikut bisa kamu coba untuk benar-benar memahami pelajaran dengan mengulang materinya kembali.

 

4.   Berkomunikasi dengan Pengajar dan Teman-teman Kelas

Walaupun tidak bertemu secara langsung, bukan berarti kamu tidak berinteraksi dengan orang lain. Kamu bisa tetap berkomunikasi dengan pengajar dan teman-teman kelas untuk membantu proses belajarmu. kamu bisa berdiskusi tentang tugas atau meminta masukan atas hasil tugas yang dikerjakan

5.   Temukan Gaya Belajarmu Sendiri

Temukan cara belajar yang menyenangkan untuk dirimu sendiri seperti memutar musik favorit ketika sedang belajar untuk menghilangkan strees, belajar ditempat favorit yang ada dirumah kamu sehingga kamu dapat merasakan kenyamanan dalam proses belajar, kemudian setelah selesai belajar, anda dapat melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat menighilangkan strees seperti bermain game, ohlaraga, dan sebagainya.

Covid-19 atau Virus Corona banyak sekali membawa dampak negatif bagi kehidupan kita. Selama manusia tidak bisa menjaga kesehatan mereka, maka tingkat penyebaran dari Covid-19 semakin tinggi. Seluruh kegiatan pun dapat terganggu atau terhalang akibat dari pandemi ini. Bidang Pendidikan pun ikut terkena dampak dari COVID-19. Walaupun Kemendikbud telah mengeluarkan kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau daring, kita sebagai pelajar harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin karena pembelajaran daring semacam ini justru dapat menjadi alternatif jitu sebagai ganti pertemuan kelas tatap muka langsung. Semoga tips-tips yang saya paparkan dalam artikel ini dapat diterapkan oleh para pelajar yang ada di Indonesia.

Nama : Axl Ferrari Fatahillah

Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Prof.Dr. Hamka

Nim : 1901105115

No. Telp : 081293835546

Sumber :

https://tirto.id/tips-belajar-online-jarak-jauh-selama-penyebaran-corona-covid-19-eFJL
https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/28/174620771/ingin-belajar-di-rumah-lebih-optimal-ini-6-tips-bagi-siswa?page=all
https://www.ubaya.ac.id/2018/up/artikel/225_20160913092013.jpg






Komentar

Postingan Populer